Mengenal Android

Mengenal Apa itu Android

Sering mendengar tentang Android tapi belum ngerti benar makluk apa sebenarnya android itu. Tulisan ini merupakan saduran dari wikipedia yang menjelaskan mengenai Android sebagai sebuah Sistem Operasi.

Dijelaskan bahwa Android merupakan sistem operasi yang ditujukan untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform open source bagi para pengembang yang ingin menciptakan aplikasi mereka sendiri dengan menggunakan bahasa pemograman Java. Bermula pada saat, Google Inc. membeli Android Inc., yang notabene adalah pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk telpon genggam. Untuk mengembangkan Android lebih jauh maka dibentuklah konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia yang diberi nama Open Handset Alliance.

Terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Android sendiri memiliki berbagai keunggulan sebagai software yang memakai basis kode komputer yang bisa didistribusikan secara terbuka (open source) sehingga pengguna bisa membuat aplikasi baru di dalamnya. Android memiliki aplikasi native Google yang terintegrasi seperti pushmail Gmail, Google Maps, dan Google Calendar.
Para pecinta open source khususnya lalu membangun komunitas dan berbagi Android berbasis firmware dengan sejumlah penyesuaian dan fitur-fitur tambahan, seperti FLAC lossless audio dan kemampuan untuk menyimpan download aplikasi pada microSD card. Komunitas ini sering memperbaharui paket-paket firmware dan menggabungkan elemen-elemen fungsi Android yang belum resmi diluncurkan dalam suatu carrier-sanction firmware.

Fitur yang tersedia di dalamAndroid adalah:
1.Application framework : Kerangka aplikasi ini memungkinkan penggunaan dan penghapusan komponen yang tersedia.
2.Dalvik mesin virtual: mesin virtual dioptimalkan untuk perangkat mobile.
3.Grafik: grafik di 2D dan grafis 3D berdasarkan pustaka OpenGL.
4.SQLite: untuk penyimpanan data.
5.Mendukung media: audio, video, dan berbagai format gambar (MPEG4, H.264, MP3,
AAC, AMR, JPG, PNG, GIF)
6.GSM, Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi (hardware dependent)
7.Kamera, Global Positioning System (GPS), kompas, dan accelerometer (tergantung hardware)

Semoga repost ini berguna untuk memahami sistem operasi Android. Ditulis dalam rangka mendukung artikel tentang Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah