Merawat Motor Injeksi Tak Sulit

Motor injeksi saat ini mulai banyak yang melirik. Hal ini karena sistem pembakaran motor injeksi lebih baik sehingga emisi gas buang semakin kecil dan semakin irit pemakaian BBM. Masih banayk orang yang merasa bahwa merat motor injeksi llebih sulit dibandingkan dengan sistem karburator. Tetapi sebenarnya tidaklah demikian. Berikut ulasan yang bisa dipahami untuk mendapatkan cara bagaimana merawat motor matic injeksi irit harga murah tersebut.

"Banyak yang mengatakan merawat motor injeksi lebih sulit dari pada motor karbulator. Padahal itu tidak sama sekali, justru merawat motor injeksi itu lebih mudah dan murah dalam merawatnya," ucap Assistant GM Service Yamaha Muhammad Abidin di Jakarta.

Abidin menambahkan dengan menggunakan software yang berbasis komputerisasi akan mempercepat pemeriksaan. Dan hanya mengeluarkan dana hingga Rp 35 ribu-Rp 40 ribu.

"Kami menyediakan fasilitas FI cleaner di diler resmi yang bekerja sama dengan 3M sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dan disesuaikan untuk konsumen di daerah big city, city dan rural," kata Abidin.

Oleh sebab itu melalui program Yamaha FI Ready, Yamaha memberikan perawatan dalam beberapa cara untuk membersihkan motor berinjeksi.

1. Dengan mengganti Filter Fuel Pump

2. Membersihkan injektor dengan menggunakan alat Injektor Tester. Dimana injektor dibersihkan dengan cara mencopot injektor dan dibersihkan memalui injektor tester. Dan alat ini juga dapat mengetahui seberapa besar daya semprotan yang dikeluarkan injektor. Alat ini dipergunakan untuk didaerah karena membutuhkan waktu lebih lama.

3. Membersihkan injeksi dengan menggunakan 3M Injector Cleaner. Injektor cleaner harus memiliki tekanan fuel pump yang sesuai dengan varian yamaha. Misalnya untuk varian V-Ixion tekanannya harus 250 kpa, dan kalau Mio J tekananbya harus 324 kpa.

Pemakaiannya connector dimasukan ke fuel house. Alatnya harus benar-benar presisi ini sangat susah ditiru. Dan satu botol bisa digunakan 5-7 motor. Kalau tekanannya tidak sesuai maka motor akan mati dengan sendiri.

Pemakaian hanya 10 menit, selama 7 menit pertama kran injector cleaner dibiarkan terbuka dan masuk ke dalam sistem injeksi motor dan 3 menit kran ditutup dan membersihkan selang injektor.

4. Dan cara keempat, cara termudah dan tercepat dengan menggunakan Yamahalube Carbon Cleaner yang dimasukan ke dalam tangki BBM saat mengisi bahan bakar penuh per 3.000 km. Dan ini sangat cocok untuk rural area.


Semoga artikel mengenai mudahnya merawat motor injeksi ini dapat membuka wawasan kita. Sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan apalagi dengan sistem injeksi semakin irit dalam menggunakan bahan bakar. Akhir kata selamat menggunakan motor injeksi. Untuk informasi mengenai ganti oli motor matic bisa juga dibaca pada blog ini. salam

ASKEPS.com

Berita dan Informasi Gempa Terbaru

Copyright © BiKiNhOkI. All rights reserved. Template by CB