Google Doodle : Thor Heyerdahl Peringatan 100 tahun

Google Doodle hari ini 6 Oktober 2014 : Thor Heyerdahl petualang terkenal 1947 Ekspedisi Kon Tiki asal Norwegia yang meninggal pada tahun 2002 pada usia 87 tahun , merayakan ulang tahunnya pada 6 Oktober. Thor berlayar 8,000 km melintasi Samudera Pasifik dalam rakit yang dibuat dengan tangan dari Amerika Selatan ke Kepulauan Tuamotu.

Google telah menciptakan sebuah doodle interaktif untuk memperingati hari ulang tahun almarhum Norwegia ethongrapher dan petualang Thor Heyerdahl. Google telah menciptakan salah satu ilustrasi ikon untuk mengenang penciptaan rakit Peru yang terbuat dari kayu balsa dan bahan asli lainnya. Rakit tersebut digunakan untuk berlayar itu ribuan mil melintasi Pasifik untuk membuktikan bahwa hal itu mungkin yang dilakukan orang primitif dalam melakukan perjalanan.




Ekspedisi Kon Tiki terinspirasi oleh laporan dan gambar yang dibuat oleh conquistador Spanyol dari Inca rakit tua dan oleh legenda asli dan bukti arkeologi menunjukkan kontak antara Amerika Selatan dan Polinesia. Rakit terbukti sangat mudah bermanuver dan ikan berkumpul antara sembilan log balsa dalam jumlah sedemikian rupa sehingga pelaut kuno bisa mungkin mengandalkan ikan untuk menghindari hidrasi dalam ketiadaan sumber air tawar.

Terinspirasi oleh Kon Tiki, rakit lainnya telah mengulangi pelayaran. Heyerdahl menulis Buku tentang ekspedisi tersebut, The Kon-Tiki Expedition: By raft Across the South Seas, telah diterjemahkan ke dalam 70 bahasa. Sebuah film dokumenter ekspedisi memenangkan Academy Award pada tahun 1951 dan versi didramatisasi dibuat pada tahun 2012 dinominasikan untuk Oscar dan Golden Globe. [Google Doodle, Sumber :http://www.mirror.co.uk/]