Sepeda Motor Bahan Bakar Gas

Mahalnya kenaikan premium akhir-akhir ini memang menjadikan orang lebih kreatif. Setiap adanya himpitan tentu menghadirkan ide-ide baru untuk bisa keluar dari permasalahan. Intinya adalah menciptakan sesuatu menghasilkan fungsi yang sama dengan harga lebih murah. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Surya yang berhasil menciptakan Sepeda motor bahan bakar gas termasuk dengan converter kitnya. 

Gas dari tabung Sepeda motor bahan bakar gas tidak dapat disalurkan langsung menuju mesin motor tetapi harus melewati beberapa tahapan pada konverter kit. Hal ini untuk menjaga supaya konsumsi gas yang masuk dapat sesuai dengan kebutuhan mesin motor itu sendiri. 

Berikut prinsip kerja Sepeda motor bahan bakar gas tersebut: 
1. Tabung gas dipasang pada braket sepeda motor kemudian tabung tersebut dipasangi regulator satu yaitu yang bertipikal high pressure. Fungsi dari regulator ini adalah untuk menurunkan tekanan tabung gas dari delapan bar menjadi 0,2 bar. 
2. Kemudian dari regulator satu dihubungkan ke regulator dua tipe low pressure dengan selang untuk menurunkan tekanan dari 0,2 bar menjadi 0,02 bar. Hal ini penting dilakukan karena tekanan 0,2 bar masih terlalu besar untuk kebutuhan mesin. Dalam proses penurunan tekanan tersebut tidak bisa langsung tetapi harus secara bertahap. 
3. Dari regulator dua, gas disalurkan ke kran vakum atau vacum valve. Fungsi dari Vacum valve ini adalah sebagai pintu masuk yang memberikan izin gas lewat sesuai kebutuhan mesin. 
4. Selanjutnya, dari keran vakum, gas di salurkan ke injektor. Injektor ini memiliki dua fungsi, yaitu menyalurkan gas kedalam mesin dan membuka keran gas tergantung akselerasi yang diinginkan pengendara. 
5. Terakhir, dari injektor langsung di salurkan ke mesin untuk proses pembakaran akhir yang membuat motor dapat berjalan dengan normal. Setelah itu Sepeda motor bahan bakar gas dapat dijalankan seperti biasanya. [soource: otomotif.antara.com]

ASKEPS.com

Berita dan Informasi Gempa Terbaru

Copyright © BiKiNhOkI. All rights reserved. Template by CB