Memilih Sistem Operasi Pada Tablet

Saat akan memutuskan pilihan pada sebuah tablet hal pertama yang penting kita lakukan adalah memilih system operasi yang akan dipakai. Ada empat pilihan yang dapat dipilih dimana masing masing memiliki kekebihan dan kelemahan. Berikut 4 ringkasan kelebihan dan kelemahan dari system operasi tersebut.

Tapi apakah kita menyadarinya atau tidak ,kita mungkin sudah membuat keputusan tersebut. Jika saaat ini ini Anda memiliki smartphone dan Anda menyukainya, Anda mungkin akan lebih baik mendapatkan tablet yang dibuat oleh perusahaan yang sama. Ada banyak keuntungan saat memiliki iPhone dan iPad, dimana keduanya dapat saling berbagi data dan aplikasi. Hal yang sama berlaku untuk Samsung , LG , Microsoft , dan lain-lain.

Apple iOS
IPad adalah tablet paling populer dan itu berjalan dengan IOS sistem operasi buatan Apple sendiri. Sistem operasi yang ditawarkan tersebut mudah dipelajari dan digunakan, dan ada lebih dari satu juta aplikasi terutaman kategori dari produktivitas game .

Ada dua ukuran layar untuk memilih dari , namun. Full- size iPads memiliki layar 9,7 inci , sedangkan model iPad mini memiliki anak 7,9 inci .

IOS agak terbatas jika dibandingkan dengan sistem operasi desktop. Misalnya tidak ada file browser universal. Daripada sebuah repositori pusat dari file , setiap aplikasi memiliki koleksi sendiri .

Pelepasan Microsoft Office untuk iPad membuat tablet ini pilihan yang baik untuk pebisnis yang membutuhkan komputer mobile ringan , dan banyak menggunakannya sebagai alternatif laptop . Ini bukan pilihan yang baik bagi orang-orang yang membutuhkan aplikasi khusus tidak tersedia untuk OS ini. Beberapa yang terbaik iOS model termasuk mini iPad Apple Air 2 dan Apple iPad 3 .
Google Android
Android juga cukup mudah untuk belajar sistem operasi , tetapi tidak sebagai dipoles seperti iOS , juga tidak cukup mudah digunakan. Beberapa perusahaan membuat tablet yang menjalankan Google Android OS, termasuk Samsung, Sony, Lenovo, dan banyak lagi. Hal ini memberikan pembeli beragam perangkat untuk memilih dari, dengan ukuran layar mulai dari 6 inci sampai 13 inci.

Beberapa perusahaan menawarkan model berbasis Android 7 inci yang adalah sekitar $ 200 atau kurang, dan bahkan ada beberapa model super murah yang menjual di bawah $ 100.

Seperti iOS, Android pertama kali diciptakan untuk smartphone. Ini berarti sedikit lebih terbatas daripada sistem operasi desktop, tetapi masih lebih fleksibel daripada korban Apple.

Meskipun ada banyak pilihan aplikasi Android, hanya sebagian kecil dari ini telah diformat untuk berjalan di besar, layar resolusi tinggi. Namun, aplikasi ini smartphone terlihat baik pada tablet yang lebih kecil.

Ini OS pilihan yang baik untuk seseorang yang sedang mencari tablet untuk mengakses Web atau email mereka di jalan, dan pelepasan Microsoft Office untuk tablet Android membantu membuatnya cocok untuk pengguna bisnis ringan, tetapi mereka yang membutuhkan komputer mobile yang sangat kuat harus mencari di tempat lain.

Di antara perangkat Android terbaik adalah Samsung Galaxy Tab 10.5 S dan Asus MeMO Pad 8 (2014). Mereka yang mencari model yang berorientasi konsumen yang sangat harus mempertimbangkan HD Amazon Api 7.

Microsoft Windows 8
Ini adalah jauh dan jauh sistem operasi yang paling kuat yang tersedia untuk tablet saat ini . Ini adalah versi lengkap dari Windows yang orang telah menggunakan pada PC selama beberapa dekade , tapi versi terbaru telah diubah dengan Microsoft untuk perangkat berbasis touchscreen . Perubahan ke " Metro " user interface telah menjadi kontroversi , namun UI cocok untuk tablet .
Hal ini dapat menjalankan semua perangkat lunak warisan yang diciptakan untuk Windows 7 dan versi sebelumnya . Namun, banyak dari ini belum diubah menjadi sentuhan - ramah, jadi stylus atau mouse kadang-kadang diperlukan .

Sejumlah perusahaan terkenal menawarkan tablet dengan Windows 8 , memberikan pembeli berbagai pilihan . Ada model 8 - inci dengan prosesor Atom dan kinerja yang layak tersedia untuk di bawah $ 400, tetapi Windows tablet dengan kinerja terbaik di antara yang paling mahal di pasar .

Ini benar-benar satu-satunya pilihan bagi mereka yang ingin melakukan komputasi tugas berat pada tablet , tapi bisa berlebihan untuk orang lain .

Mungkin Windows tablet terbaik di pasar adalah Microsoft Surface Pro 3 , tetapi mereka yang mencari pilihan biaya yang lebih rendah bisa  mempertimbangkan model Surface 3.

Microsoft Windows RT
Microsoft menciptakan Windows RT sebagai versi alternatif dari Windows 8. Tidak menggunakan prosesor x86 tapi yang lebih berbasis ARM , yang lebih murah dan menggunakan daya yang lebih kecil . Tapi ini berarti bahwa perangkat yang menjalankan WinRT tidak dapat menjalankan warisan software Windows - itu adalah terbatas pada perangkat lunak yang datang pada perangkat ditambah pilihan yang sangat terbatas dari aplikasi yang muncul dalam Microsoft Windows Store.

Percobaan Microsoft dengan OS ini tidak tampaknya telah sukses . Tidak ada model baru yang menjalankannya telah dirilis dalam beberapa bulan , tetapi model lama masih dapat ditemukan di toko-toko dengan harga yang rendah . WinRT dapat menjadi OS yang layak untuk digunakan mengerjakan tugas ringan tetapi mengingat bahwa OS ini dengan cepat menjadi usang ada pilihan yang lebih baik untuk ini .