Blackberry Terancam Bangkrut

Blackberry bangkrut ? dari hasil laporan keuangan yang telah dirilis pada kuartal pertama 2013 tercatat blackberry mengalami kerugian sekitar 833,6 miliar. Hal tersebut akibat dari biaya retrukturisasi dan penggantian manajemen yang memakan cukup banyak biaya. Walaupun dari sisi penjualan mengalami peningkatan sebesar 13% akan tetapi tidak mampu menutup kerugian tersebut. Banyaknya persaingan di dunia smartphone yang cukup kompetitif mengharuskan blackberry menempuh strategi baru untuk tetap eksis dipasar smartphone ini dan tidak bangkrut.

Hal ini semakin diperparah dengan banyak para investor blackberry yang panik sehingga saham blackberry anjlok mencapai 25%. Mereka tidak mempercayai keyakinan mereka kembali bahwa blackberry akan mampu bersaing dengan Samsung dan Apple. Dewan Direksi BlackBerry rupanya membentuk komite khusus untuk menentukan apa yang akan dilakukan selanjutnya. Dari berbagai kemungkinan yang ada, salah satunya adalah pilihan agar menjual perusahaan. Ada beberapa perusahaan besar yang menjadi kandidat untuk mengakuisisi blackberry bila blackberry bangkrut dan dijual.

Lenovo : "Kami menimang-nimang segala peluang -- (termasuk pengakuisisian) RIM dan lainnya. Kami tidak punya keraguan jika ada peluang yang datang dan dapat menguntungkan kami dan pemegang saham," kata Wai Ming.
Facebook : BlackBerry disebut-sebut bisa menjadi partner bagus untuk memuluskan ambisi Facebook berjaya di industri ponsel.
Microsoft : Microsoft telah cukup lama dinyatakan tertarik membeli BlackBerry. Sebagai produsen software terbesar di dunia, mereka punya uang lebih dari cukup untuk melakukannya.
Amazon : Pembelian BlackBerry akan memantapkan langkah Amazon memasuki industri ponsel.
Huawei : Kabarnya, Huawei termasuk salah satu pihak yang melakukan pendekatan pada BlackBerry walaupun ada isu kecurigaan pemerintah negara barat bahwa Huawei menjadi alat mata-mata pemerintah China.
Samsung : Samsung sempat dikabarkan tertarik membeli BlackBerry. Produsen asal Korea Selatan ini memang termasuk giat melakukan aksi akuisisi. (source : inet.detik.com/)