Motor injeksi saat ini mulai banyak yang melirik. Hal ini karena sistem pembakaran motor injeksi lebih baik sehingga emisi gas buang semakin kecil dan semakin irit pemakaian BBM. Masih banayk orang yang merasa bahwa merat motor injeksi llebih sulit dibandingkan dengan sistem karburator. Tetapi sebenarnya tidaklah demikian. Berikut ulasan yang bisa dipahami untuk mendapatkan cara bagaimana merawat motor matic injeksi irit harga murah tersebut.
"Banyak yang mengatakan merawat
motor injeksi lebih sulit dari pada motor karbulator. Padahal itu tidak
sama sekali, justru merawat motor injeksi itu lebih mudah dan murah
dalam merawatnya," ucap Assistant GM Service Yamaha Muhammad Abidin di
Jakarta.
Abidin menambahkan dengan menggunakan software yang
berbasis komputerisasi akan mempercepat pemeriksaan. Dan hanya
mengeluarkan dana hingga Rp 35 ribu-Rp 40 ribu.
"Kami menyediakan
fasilitas FI cleaner di diler resmi yang bekerja sama dengan 3M sesuai
dengan kebutuhan konsumen. Dan disesuaikan untuk konsumen di daerah big
city, city dan rural," kata Abidin.
Oleh sebab itu melalui
program Yamaha FI Ready, Yamaha memberikan perawatan dalam beberapa cara
untuk membersihkan motor berinjeksi.
1. Dengan mengganti Filter Fuel Pump
2.
Membersihkan injektor dengan menggunakan alat Injektor Tester. Dimana
injektor dibersihkan dengan cara mencopot injektor dan dibersihkan
memalui injektor tester. Dan alat ini juga dapat mengetahui seberapa
besar daya semprotan yang dikeluarkan injektor. Alat ini dipergunakan
untuk didaerah karena membutuhkan waktu lebih lama.
3.
Membersihkan injeksi dengan menggunakan 3M Injector Cleaner. Injektor
cleaner harus memiliki tekanan fuel pump yang sesuai dengan varian
yamaha. Misalnya untuk varian V-Ixion tekanannya harus 250 kpa, dan
kalau Mio J tekananbya harus 324 kpa.
Pemakaiannya connector
dimasukan ke fuel house. Alatnya harus benar-benar presisi ini sangat
susah ditiru. Dan satu botol bisa digunakan 5-7 motor. Kalau tekanannya
tidak sesuai maka motor akan mati dengan sendiri.
Pemakaian hanya
10 menit, selama 7 menit pertama kran injector cleaner dibiarkan
terbuka dan masuk ke dalam sistem injeksi motor dan 3 menit kran ditutup
dan membersihkan selang injektor.
4. Dan cara keempat, cara
termudah dan tercepat dengan menggunakan Yamahalube Carbon Cleaner yang
dimasukan ke dalam tangki BBM saat mengisi bahan bakar penuh per 3.000
km. Dan ini sangat cocok untuk rural area.
Semoga artikel mengenai mudahnya merawat motor injeksi ini dapat membuka wawasan kita. Sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan apalagi dengan sistem injeksi semakin irit dalam menggunakan bahan bakar. Akhir kata selamat menggunakan motor injeksi. Untuk informasi mengenai ganti oli motor matic bisa juga dibaca pada blog ini. salam