Yamaha Mio Optimus Prime

Yamaha mio modifikasi ini memang benar-benar menarik untuk disimak. Ubahan motor yamaha mio ini memang begitu pas dengan tema  dan detail yang cukup menawan. Bila diibaratkan makanan maka racikan bumbu pas dengan rasa lezat plus disajikan dengan garnis (hiasan makanan) yang cukup menggoda.Yamaha Mio ini lebih kayak disebut sebagai ekstrem skubek dibanding low rider. Genre yang dipilih pun sangat kental aliran robotic style. Bukan cuma dari pantatnya yang nungging layaknya motorsport, juga ubahan radikal di dalamnya. Ubahan ini guna menyelaraskan tema pimpinan robot petarung dari klan Autobot  yaitu Optimus Prime.

Kehebatan Optimus Prime inilah yang rupanya telah menginspirasi Willy Dreskandar. Dia pemilik gerai F-16 Motor untuk mengaplikasinya pada Yamaha Mio terbitan 2010 ini. Memang tidaklah mudah mengalihkan cara berpikir orang dari robot mobil ke robot motor. Tapi, urusan ini, F-16 terbukti sukses. Detail ubahan mempertegas aura mekanis sang robot. Paling kentara pada sektor kemudi yang disebut setang robot. Terlihat rumit. Perpaduan dari beberapa batang aluminium yang melewati proses machining yang ribet.

Keunikannya, “Tak hanya kokoh, tapi juga adjustable. Derajat ketinggian dan kemiringan setang bisa diubah-ubah mengikuti style sang rider," tegas Willy, si empunya.


Aura kegaharan sang Prime juga ditampakkan dengan kamuflase blok silinder. Direkatkan pada rumah CVT. Seolah-olah mencerminkan motor ini mempunyai power besar. Bahkan beberapa pengunjung di skubek kontes sempat tertipu dan menganggap skubek ini dapur pacunya sudah dirombak. Ganti oli pecahkan rekor muri dapat dibaca juga pada blog ini.

Mempertegas genre robotic, seluruh bodi diairbrush sosok Optimus Prime. Mulai sosok wajah, hingga motif metal di beberapa bagian seperti sepatbor yang menutup sok depan dan cover samping dapur pacu. Tak ketinggalan paduan merah dan biru sebagai warna kebesaran dari sang Prime. Sentuhan akhir, pada batok lampu yang dicustom menyerupai kepala robot. Tak salah jika motor ini layak disebut Mio Prime. (source)