Parkir Kawasan Bebas Kendaraan di Malioboro

Ada beberapa kantong parkir yang disediakan oleh Dinas Perhubungan Provinsi DI. Yogyakarta saat pelaksanaan kawasan bebas kendaran di Malioboro. Adapun kantung atau tempat parkir tersebut ada di Stasiun Tugu Barat (Bong Suwung) dan Kridosono.

Bagi para pengunjung yang berkunjung ke Malioboro akan diarahkan ke kantong parkir Abubakar Ali, Beskalan, dan Senopati.



Disbub DIY juga menyediakan rambu-rambu petunjuk untuk uji coba seperti tanda larangan masuk (dari Barat-Timur) di sirip Jalan Sosrowijayan di sisi Barat ditutupi dengan kertas. Jalan ini akan dibuat satu arah dari Barat ke Timur menuju Malioboro.

Kendaraan masih dapat melewati sebagian kecil jalan di Malioboro menuju DPRD DIY dan Mall Malioboro hingga sebelum Hotel Mutiara (Jalan Dagen). Dan untuk ke luar dari perlintasan ini, kendaraan masih dapat melewati jalan Perwakilan menuju arah jalan Mataram dan jalan Dagen menuju arah jalan Bhayangkara. Sirip Jalan Dagen dibuat satu arah dari Timur ke Barat.

Warga masih bisa melintas dari depan gedung DPRD sampai Dagen. Sesuai petunjuk arah.

Selain di pelintasan tersebut, warga masih bisa melintasi Malioboro dari arah Jalan Suryatmajan (Kantor Gubernur DIY) ke Jalan Pajeksan. Dari Suryatmajan ke Pajeksan Dishub membuat kebijakan satu arah. 

Untuk sirip-sirip jalan mulai Sosrowijayan, Dagen, Perwakilan, Suryatmajan dan Pajaksan semuanya dibuat satu arah. Baik arah keluar maupun masuk untuk melintasi Malioboro.

Jalan Malioboro hanya bisa dilintasi oleh Trans Jogja dan kendaraan layanan masyarakat seperti pemadam kebakaran, truk pengangkut sampah, ambulans dan mobil patroli polisi jika diperlukan.

Adapun jalan yang mengitari kawasan Malioboro, seperti Jalan Mataram, jalan Senopati, dan Jalan Pasar Kembang masih dibuat satu arah. 

Begitu juga kebijakan jalan satu arah di Jalan Bhayangkara tetap tidak diubah. Potensi kemacetan yang diprediksi terjadi dan akan diantisipasi di antaranya Jalan Mataram, Jalan Bhayangkara, Jalan Pasar Kembang serta ujung Stadion Kridosono.