Mau Batasi Waktu Anak Pakai Smartphone? Coba Pakai Aplikasi Ini!

Kalau jaman sekarang tetnu biasa anak memiliki gadget entah itu sebuah smartphone atau tablet. Tidak dipungkiri lagi bahwa saat ini smartphone tidak melulu untuk hiburan saja. Beberapa materi pelajaran saat ini juga menuntut anak-anak semakin akrab dengan device tersebut.

Selama smartphone atau tablet digunakan untuk hal positif tentu semua orang tua akan memberikan izin. Perasaan was-was jelas ada karena dengan koneksi internet semua informasi akan dengan mudah diakses tanpa batasan usia.

Game-game on-line yang banyak ditawarkan di internet dengan mudah diakses dan dimainkan. Bermain game sampai lupa waktu menjadikan anak ketagihan untuk terus bermain game online. Konten-konten yang seharusnya tidak untuk ditampilkan kepada anak-anak akan jelas tidak tersensor. Sebagai orang tua tentu kuatir akan hal tersebut bila sampai gambar dan video kekerasan bahkan konten dewasa bukan tidak mungkin terakses mereka.

Lalu bagaiamana solusinya? Pendampingan terhadap penggunaaan smartphone tentu sangat penting sehingga orang tua mampu mengontrol secara penuh apa yang diakses oleh anak-anak mereka.

popmama.com
Untuk membantu orang tua dalam mengontrol penggunaan smartphone maupun oleh putra-putrinya tersedia aplikasi yang mampu memblokir situs-situs yang seharusnya tidak untuk ditampilkan kepada anak-anak. Berikut aplikasi yang bisa digunakan untuk mengatur apa-apa saja yang boleh dan tidak boleh di akses oleh anak-anak Anda seperti yang dilansir oleh fatherly.com

1.OurPact-Parental Control and GPS Family Locator

fatherly.com
Dengan aplikasi ini Anda bisa mengelola waktu penggunaan layar anak Anda, memblokir aplikasi tertentu, memblokir teks, dan menjadwalkan waktu penggunaanb layar harian sesuai dengan rutinitas harian anak. Anda juga bisa menemukan aplikasi apa yang dipasang di ponsel anak menggunakan daftar aplikasi dan mengetahui posisi sang anak.

2. Google Family Link
fatherly.com
Memanfaatkan aplikasi Family Link dari Google ini maka Anda dapat memantau saat anak Anda memakai smartphone android mereka. Aplikasi mengizinkan Anda membuat Akun Google untuk anak Anda dan mengelola aplikasi yang dapat digunakan anak Anda. Setujui atau blokir aplikasi yang ingin diunduh oleh anak Anda dari Google Play Store. Anda bisa mengetahui berapa banyak waktu yang dihabiskan anak Anda pada aplikasi favorit mereka dengan laporan aktivitas mingguan atau bulanan.

3. Mobicip Safe Browser

fatherly.com
Safe Browser adalah aplikasi untuk smartphone, tablet, dan PC. Aplikasi ini dimaksudkan untuk mengganti peramban bawaan pada ponsel pintar atau tablet Android Anda. Dasbor web atau aplikasi opsional memungkinkan Anda untuk memantau riwayat penelusuran dari jarak jauh dan mensetting filter internet khusus di beberapa perangkat di keluarga Anda.

Untuk menggunakan aplikasi tersebtu Anda bisa mengaksesnya pada google Play dengan mengetikkan nama aplikasi tersebut pada menu search setelah itu install pada smortphone Anda. Selamat mencoba!

Sumber : www.fatherly.com